Apakah kita termasuk di dalamnya???

Apakah kita termasuk di dalamnya???
by Danang Endrayana Syeh Qodir on Thursday, 18 February 2010 at 14:15
Assalamu’alaykum Wr. Wb
Alhamdulillahirobbil’alamin kini kita telah memasuki bulan Rabiul Awwal. Suatu bulan yang di dalamnya terdapat satu tanggal yang sangat istimewa karena pada tanggal itulah lahir seseorang yang kelak akan menjadi pemimpin bagi orang-orang Arab maupun Non-Arab…orang yang akan menjadi pemuka bagi berbagai golongan, kaya maupun papa. Dialah imam para Nabi..pemimpin para Rasul…Dialah Muhammad bin Abdullah. Menjelang dan pasca tanggal 12 Rabiul Awwal atau yang dikenal juga dengan nama Bulan Maulid tidak sedikit juga dari kaum muslimin yang banyak membaca sholawat serta salam kepada Nabi Muhammad SAW. Bagaimana mungkin kita sebagai manusia tidak bersholawat kepada beliau, Allah dan para malaikat saja turut bersholawat kepada beliau. Namun tentu saja makna Sholawat yang dilakukan Allah dan para Malaikat kepada Nabi Muuhammad berbeda dengan makna sholawat yang kita lakukan.
Allah bersholawat sebagai bentuk pujian Allah SWT yang ditujukan kepada para makhluknya sedangkan Malaikat bersholawat sebagai bentuk doa mereka kepada Allah SWT. Sedangkan kita bersholawat selain sebagai bentuk pujian juga sebagai bentuk memuliakan Nabi Muhammad SAW.
Banyak sekali bentuk sholawat yang bisa kita ucapakan sebagai bentuk pujian maupun upaya untuk memuliakan beliau, tetapi hendaknya kata-kata ataupun kalimat yang terkandung di dalam sholawat itu jangan sampai mengarah kepada perbuatan ghuluw (berlebih-lebihan) sehingga seakan-akan kita malah berlaku sama seperti dengan orang nasrani yang memperlakukan Nabi mereka hingga mencapai derajat Tuhan. Apabila kita sampai berlebihan dalam memuji dan memuliakan beliau dikhawatirkan kita akan terjebak dalam perilaku yang justru dikategorikan dalam perilaku orang-orang yang bukan termasuk umat Muhammad.
Ada beberapa hal di dalam diri manusia yang bisa menyebabkan manusia tersebut menjadi orang-orang yang bukan termasuk golongan dari umat Muhammad SAW, diantaranya :
1. “ Tidak termasuk golongan kita siapa yang menampar pipinya atau membelah bajunya atau mengucapkan perkataan zaman jahiliah” (H.R. Muslim)
2. “Siapa yang memanggul senjata dan ditujukan kepada kita, orang itu bukan golongan kita. Dan siapa menipu kita. Maka dia bukan golongan kita” (H.R. Muslim)
3. “ Bukanlah golongan kami orang yang tidak menyayangi anak-anak kecil dan tidak menghormati orang dewasa di antara kami” (H.R. Tirmidzi)
4. “ Bukanlah termasuk golonganku orang yang memiliki sifat dengki, mengumpat, perdukunan, demikian pula aku bukan termasuk golongannya” (HR Thabrani)
5. “ Bukan gololngan kami orang yang menyeru kepada ashabiyah, bukan golongan kami orang yang berperang atas ashabiyah dan bukan golongan kami orang yang mati atas ashabiyah” (HR Abu Dawud)
6. “ Bukan gollongan kami orang yang merusak (hubungan) perempuan atas suaminya atau budak atas tuannya” (HR Abu Dawud dan Hakim)
7. “ Bukan golongan kami orang yang bersumpah demi amanah” (HR Ahmad, Ibnu Hibban dan Hakim)
8. “ Bukan golongan kami orang yang merampas atau mencabut pakaian orang atau menyuruh mencabut pakaian orang” (HR Thabrani dan Hakim)
9. “ Bukan golongan kami, perempuan yang menyerupai laki-laki dan laki-laki yang menyerupai perempuan” (HR Ahmad)

Orang boleh saja mengaku beriman dan mengaku sebagai umat Nabi Muhuammad SAW, tetapi apakah Nabi Muhammad SAW mengakui kita sebagai umatnya??? Padahal sudah jelas dikatakan bahwa apabila ada orang yang memiliki sifat-sifat maupun sikap seperti yang sebagian telah disebutkan di atas maka Rasullullah dengan tegas mengatakan bahwa orang tersebut bukanlah termasuk ke dalam golongan Umat Muhammad SAW. So…apakah kita memang benar-benar orang yang termasuk ke dalam Umat Muhammad SAW atau kita hanyalah orang yang mengaku-aku termasuk ke dalam golonga UMat Muhammad SAW????
Wassalamu’alaykum Wr. Wb.

Pos ini dipublikasikan di Religi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s